Obat Sinusitis Alami Paling Ampuh Mengobati Sinusitis Secara Alami

Ada beberapa cara mengobati dan menyembuhkan sinusitis / pilek ( flu ) baik dengan obat-obatan biasa di pasaran ataupun dengan obat tradisional dari para sesepuh, seperti pembahasan kali ini yaitu cara mengobati sinusitis secara alami dengan menggunakanbahan-bahan alami secara tradisional.

Obat Sinusitis Alami Paling Ampuh Mengobati Sinusitis Secara AlamiSebelum menjelaskan mengenai apa saja obat sinusitis alami paling ampuh mengobati sinusitis secara alami, simak dulu penjelasa singkat mengenai sinusitis itu sendiri.

Sinusitis umumnya sering disebut dengan pilek atau flu, sebetulnya pilek / flu adalah salah satu gejala dari sinusitis dan ada beberapa gejala lain dari sinusitis selain pilek / flu akan tetapi gejala pilek / flu lebih dominan jika dibandingkan gejala lainnya. Bisa dikatakan pilek atau flu adalah ciri-ciri atau tanda dari penyakit sinusitis dan sah-sah saja jika menyebut penyakit sinusitis dengan pilek atau flu.

Sinusitis merupakan penyakit akibat terjadinya inflamasi atau peradangan pada dinding sinus, akibat peradangan tersebut terjadi berbagai gejala seperti flu / pilek dan gejala lainnya.

Sinus sendiri yaitu organ tubuh yg berupa rongga kecil berisi udara letaknya di belakang tulang pipi dan dahi serta memproduksi lendir atau mukosa di dalam sinus.

Penyebab Sinusitis / Pilek ( Flu )

Penyebab sinusitis umunya disebabkan oleh infeksi virus masuk ke saluran hidung atau organ sinus dan bisa juga masuk ke saluran pernafasan kemudian menginfeksi sinus hingga sinus mengalami peradangan ( inflamasi ).

Pada saat organ sinus mengalami peradangan akan menghasilkan lendir / mukosa berwarna kekuning-kuningan atau hijau, inilah yang membuat pengidap sinusitis sering mengeluarkan lendir pada hidungnya.

Selain penyebab sinusitis itu disebabkan oleh infeksi virus, ada juga beberapa penyebab lainnya antara lain :
  • Alergi, rinitis (radang selaput hidung), hayfever (alergi serbuk sari) dan asma.
  • Penyempitan saluran hidung, biasanya disebabkan karena luka di wajah atau tumbuhnya polip di dalam hidung. Jika mukosa atau ingus mengumpul di daerah yg menyempit, ini bisa menyebabkan infeksi sinus.
  • Iritasi, polusi udara, asap dan zat kimia. seperti pestisida, pembasmi hama dan deterjen rumah tangga.
  • Fibrosis sistik, yaitu kelainan genetik di mana mukosa yg kental dan lengket tertumpuk di dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko infeksi pada sinus yg akhirnya menyebabkan sinusitis.
Gejala siunsitis antara lain seperti :
  • Hidung beringus dan tersumbat atau pilek ( flu ).
  • Bersin-bersin
  • Indera penciuman berkurang.
  • Sakit kepala.
  • Wajah terasa nyeri.
  • Demam
Sinusitis / pilek ( flu ) kerap terjadi ketika pancaroba atau perpindahan musim dari musim hujan ke musim panas atau sebaliknya. Perpindahan musim tersebut karena perpindahan arah angin dan biasanya angin intensitasnya kencang sehingga bukan tidak mungkin virus atau bakteri terbang bersama angin lalu terhisap oleh sistem pernafasan dan menginfeksi sinus.

Mengapa ketika kehujanan jus sering mengalami sinusitis / pilek ( flu ) terutama di musim pancaroba ?? Itulah sebabnya karena dimusim pancaroba angin bertiup kencang sehingga bukan tidak mungkin virus di udara ikut tertiup dan masuk kesaluran pernafasan hingga menginfeksi organ sinus dan menyebabkan sinusitis.

Mengapa ada sebagian orang mengalami sinusitis / pilek ( flu ) menahun dan sulit sembuh ??

Sebagian orang yang mudah dan gampang sekali mengalami sinusitis bukan hanya musiman saja tetapi saat terkena suhu dingin pun, sering mengalami sinusitis / pilek ( flu ) bahkan menahun tak kunjung sembuh.

Hal ini dikarenakan sesorang tersebut memiliki imunitas ( kekebalan tubuh ) rendah sehingga ketika ada infeksi / suhu dingin, tubuhnya tidak mampu menjaga dirinya dari berbagai infeksi hingga sinus mudah mengalami peradangan dan terjadi sinusitis / pilek ( flu ). Oleh karena itu bagi yang mudah terkena sinusitis atau penderita sinusitis menahun sangat dianjurkan untuk meningkatkan sistem imunitas ( kekebalan tubuh ) nya.

Berikut beberapa obat sinusitis alami paling ampuh mengobati sinusitis secara alami, antara lain :

Obat Sinusitis 1# Gunakan uap air panas

Obat sinusitis yg sangat murah ialah ialah menggunakan terapi uap air panas. Menurut Dr. Graham, cara alami mengobati penyakit sinusitis / pilek ( flu ) yang efektif adalah dengan menaburkan beberapa tetes eucalyptus atau mentol di kamar mandi, lalu air kamar mandi tersebut diuapkan kepada pasien. Selain itu, menurut Sam S. Rizk, MD, seorang dokter THT serta ahli bedah plastik wajah di New York City, air panas atau mandi uap dapat melonggarkan lendir dan puing-puing di dalam hidung.

Obat Sinusitis 2# Ramuan air garam
Selain dengan terapi uap, obat sinusitis yg murah lainnya ialh dengan ramuan air garam. Spencer C. Payne, MD, seorang profesor Rhinology dan operasi sinus endoskopi di Universitas Virginia, Charlottesville menyebutkan bahwa ada banyak perdebatan tentang obat sakit sinusitis / pilek ( flu ) yang bekerja dan terbukti, namun berbeda dengan semprotan garam. Obat sinusitis air garam berfungsi untuk menyapu lendir, termasuk membersihkan hidung bagian luar. Itu mengapa air garam memiliki kemampuan efektif untuk membersihkan hidung, sekaligus menjadi pertahanan pertama dari sinusitis / pilek ( flu ). Cara nya cukup mengolah air dan garam dalam wadah semprot kecil, setelah itu semprotkan ke seluruh area hidung, obat sinusitis dari air garam ini mudah dibuat dan cukup efektif.

Obat Sinusitis 3# Ramuan cuka apel
Ramuan obat sinusitis yg satu ini juga ampuh menyembuhkan sinusitis / pilek ( flu ) secara alami, cara nya larutkan 1-2 sendok teh cuka apel pada air secukupnya lalu tambahkan madu. Minum tiga kali sehari selama lima hari berturut-turut. Cuka sari apel membantu mengurangi lendir yang kental sehingga gampang dihilangkan.

Obat Sinusitis 4# Ramuan grapefruit atau jeruk besar.
Jeruk ini ukurannya lebih besar dari jeruk umumnya dan lebih kecil dari jeruk bali. Biasanya warna daging buahnya beragam. Grapefruit sering digunakan menjadi obat sinusitis karena memiliki sifat antibiotik kuat dan mampu menghambat pertumpuhan mikroba sehingga bisa menyembuhkan sinusitis / pilek ( flu ). Saat ini ada semprot hidung dengan bahan dari ekstrak grapefruit. Anda bisa menyemprotkannya ke hidung.

Obat Sinusitis 5# Ramuan rempah-rempah pedas
Menurut Dr. Graham, makanan pedas, seperti kari, cabai, mustard, lobak dan wasabi dapat membantu menyembuhkan sinusitis / pilek ( flu ). Oleh sebab itu, cobalah meramu obat sinusitis dari rempah-rempah pedas ini sebagai terapi pengobatan sinusitis. Cara nya cukup menambahkan rempah-rempah pedas ke dalam makanan Anda secukupnya.

Selain dengan menggunakan ramuan-ramuan obat sinusitis alami diatas tadi, lakukan juga langkah berikut untuk mempercepat penyembuhan sinusitis / pilek ( flu ), seperti :
  1. Menganut pola makan sehat. Selama infeksi berlangsung disarankan mengonsumsi biji-bijian, lentil dan sayuran yang dimasak ringan. Makanan yang perlu dihindari adalah makanan yang terbuat dari tepung terigu, telur, coklat, makanan gorengan, gula dan produk susu. Makanan tersebut memicu produksi lendir sehingga mempersulit penyembuhan sinusitis / pilek ( flu ).
  2. Konsumsi air putih yg cukup, menjaga tubuh tetap terhidrasi sangatlah penting, termasuk sebagai cara mengobati sinusitis / pilek ( flu ) yang efektif untuk membuat hidung selalu lembab. Anda bisa mengonsumsi air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas setiap hari secara konsisten dan berkesinambungan. Jangan lupa untuk menghindari minuman berkafein dan beralkohol, karena dua jenis minuman ini mampu menyebabkan dehidrasi. Salah satu ciri bahwa seseorang mendapatkan cukup air adalah warna urin jelas.
  3. Terapkan kompres hangat. Menurut Dr. Rizk, Anda bisa mengatasi sinusitis / pilek ( flu ) dengan menggunakan kompres hangat, sehingga hidung terjaga kelembapannya. Anda juga bisa mengisi mangkuk atau panci dengan air mendidih, setelah itu tempatkan wajah di atas mangkuk tersebut dan letakkan handuk di atas kepala. Nantinya uap panas akan menjaga hidung tetap lembab, sehingga sinusitis dan rasa nyeri yang timbul berangsur-angsur akan sembuh.
Itulah beberapa cara mengobati sinusiti dengan obat sinusitis alami paling ampuh mengobati sinusitis secara alami, informasi diatas diambil dari berbagai literatur kesehatan. Mohon maaf jika ada kesalahan yg dibuat dengan tidak sengaja ataupun disengaja.

Semoga bisa bermanfaat dan membantu. Terima Kasih atas kunjungannya..!!