Obat Pilek ( Flu ) Paling Ampuh Mengobati Pilek ( Flu ) Menahun Secara Alami

Cara mengobati dan menyembuhkan pilek ( flu ) bisa dilakukan dengan berbagai cara baik dengan obat-obatan biasa di pasaran ataupun dengan obat tradisional dari para sesepuh, seperti pembahasan kali ini yaitu cara mengobati sinusitis secara alami dengan menggunakanbahan-bahan alami secara tradisional.

Obat Pilek ( Flu ) Paling Ampuh Mengobati Pilek ( Flu ) Menahun Secara Alami
Pilek / flu adalah salah satu gejala dari sinusitis dan ada beberapa gejala lain dari sinusitis selain pilek / flu akan tetapi gejala pilek / flu lebih dominan dibanding gejala lainnya. Bisa dikatakan pilek / flu adalah tanda dari penyakit sinusitis dan sah-sah saja jika menyebut penyakit sinusitis dengan pilek / flu.

Pilek ( flu ) adalah penyakit akibat terjadinya inflamasi atau peradangan pada dinding sinus, akibat peradangan tersebut terjadi berbagai gejala seperti flu / pilek dan gejala lainnya. Sinus sendiri yaitu rongga kecil berisi udara letaknya di belakang tulang pipi dan dahi serta memproduksi lendir atau mukosa di dalam sinus.

Penyebab pilek / flu yang paling umum adalah karena infeksi virus masuk ke saluran hidung atau sinus dan bisa juga masuk ke saluran pernafasan kemudian menginfeksi sinus hingga sinus mengalami peradangan ( inflamasi ). Ketika sinus mengalami peradangan maka akan menghasilkan lendir / mukosa berwarna kekuning-kuningan atau hijau, inilah yang membuat penderita sinusitis sering mengeluarkan lendir pada hidungnya.

Selain penyebab pilek ( flu ) karena infeksi virus, ada juga beberapa penyebab lainnya antara lain :
  • Alergi: rinitis (radang selaput hidung), asma dan hayfever (alergi serbuk sari).
  • Iritasi: polusi udara, asap dan zat kimia. Misalnya pestisida, pembasmi hama dan deterjen rumah tangga.
  • Penyempitan saluran hidung: ini bisa disebabkan karena luka di wajah atau tumbuhnya polip di dalam hidung. Jika mukosa atau ingus mengumpul di daerah yg menyempit, ini bisa menyebabkan infeksi sinus.
  • Fibrosis sistik: kelainan genetik di mana mukosa yg kental dan lengket tertumpuk di dalam tubuh, meningkatkan risiko infeksi
Pilek ( flu ) kerap terjadi saat pancaroba atau perpindahan musim dari musim hujan ke musim panas atau sebaliknya. Perpindahan musim tersebut karena perpindahan arah angin dan biasanya angin intensitasnya kencang sehingga bukan tidak mungkin virus atau bakteri terbang bersama angin.

Mengapa ketika kehujanan sering mengalami pilek ( flu ) terutama di musim pancaroba ?? Itulah sebabnya karena dimusim pancaroba angin bertiup kencang sehingga bukan tidak mungkin virus di udara ikut tertiup dan masuk kesaluran pernafasan hingga menginfeksi.

Apa yang membuat sebagian orang mengalami pilek ( flu ) menahun dan sulit sembuh ??

Sebagian orang yang mudah gampang sekali terkena pilek / flu bukan hanya musiman saja tetapi saat terkena suhu dingin pun sering mengalami pilek ( flu ) bahkan menahun tak kunjung sembuh, hal tersebut diakibatkan karena sesorang tersebut memiliki imunitas ( kekebalan tubuh ) rendah sehingga ketika ada infeksi / suhu dingin tubuhnya tidak mampu menjaga dirinya hingga sinus mudah mengalami peradangan dan terjadi pilek ( flu ) oleh karena itu bagi yang mudah terkena pilek menahun sangat dianjurkan untuk meningkatkan sistem imunitas ( kekebalan tubuh ) nya.

Berikut beberapa obat pilek ( flu ) paling ampuh mengobati pilek ( flu ) menahun secara alami, antara lain :

Ramuan air garam
Obat pilek / obat flu yg murah ini ialah dengan ramuan air garam. Spencer C. Payne, MD, seorang profesor Rhinology dan operasi sinus endoskopi di Universitas Virginia, Charlottesville menyebutkan bahwa ada banyak perdebatan tentang obat sakit pilek ( flu ) yang bekerja dan terbukti, namun berbeda dengan semprotan garam. Obat pilek / obat flu air garam berfungsi untuk menyapu lendir, termasuk membersihkan hidung bagian luar. Itu mengapa air garam memiliki kemampuan efektif untuk membersihkan hidung, sekaligus menjadi pertahanan pertama dari pilek ( flu ). Cara nya cukup mengolah air dan garam dalam wadah semprot kecil, setelah itu semprotkan ke seluruh area hidung, obat pilek / obat flu dari air garam ini mudah dibuat dan cukup efektif.

Gunakan uap air panas
Obat pilek/ flu yg lainnya ialah ialah menggunakan terapi uap air panas. Menurut Dr. Graham, cara alami mengobati penyakit sinusitis / pilek ( flu ) yang efektif adalah dengan menaburkan beberapa tetes eucalyptus atau mentol di kamar mandi, lalu air kamar mandi tersebut diuapkan kepada pasien. Selain itu, menurut Sam S. Rizk, MD, seorang dokter THT serta ahli bedah plastik wajah di New York City, air panas atau mandi uap dapat melonggarkan lendir dan puing-puing di dalam hidung.

Ramuan grapefruit atau jeruk besar.
Jeruk ini ukurannya lebih besar dari jeruk umumnya dan lebih kecil dari jeruk bali. Biasanya warna daging buahnya beragam. Grapefruit sering digunakan menjadi obat pilek / obat flu karena memiliki sifat antibiotik kuat dan mampu menghambat pertumpuhan mikroba sehingga bisa menyembuhkan pilek ( flu ). Saat ini ada semprot hidung dengan bahan dari ekstrak grapefruit. Anda bisa menyemprotkannya ke hidung.

Ramuan cuka apel
Ramuan obat pilek / obat flu yg satu ini juga ampuh menyembuhkan pilek ( flu ) secara alami, cara nya larutkan 1-2 sendok teh cuka apel pada air secukupnya lalu tambahkan madu. Minum tiga kali sehari selama lima hari berturut-turut. Cuka sari apel membantu mengurangi lendir yang kental sehingga gampang dihilangkan.

Ramuan rempah-rempah pedas
Menurut Dr. Graham, makanan pedas, seperti kari, cabai, mustard, lobak dan wasabi dapat membantu menyembuhkan pilek ( flu ). Oleh sebab itu, cobalah meramu obat pilek / obat flu dari rempah-rempah pedas ini sebagai terapi pengobatan pilek atau flu. Cara nya cukup menambahkan rempah-rempah pedas ke dalam makanan Anda secukupnya.

Demikian lah sekilas informasi mengenai obat pilek ( flu ) paling ampuh mengobati pilek ( flu ) menahun secara alami. Terima kasih atas kunjunganya, semoga bermanfaat..